Breaking News
Loading...
Tuesday, July 11, 2017

Mengukur Kecepatan Akses Internet dengan Tools Speedtest

( Speedtest by Ookla )
Internet di Era Globalisasi ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari manusia. bahkan manusia sekarang ini hampir tidak mau jauh dari internet. Internet digunakan manusia untuk mencari informasi, komunikasi, hiburan , media sosial, dan bidang kehidupan manusia lainnya. Jadi dapat dibayangkan peran internet seperti apa untuk manusia.


Untuk dapat menggunakan internet tentunya kita perlu sambungan/koneksi jaringan internet baik melalui Dial Up (Telpon Rumah), Wifi, Modem, Handphone dan lainnya. Karena maraknya masyarakat yang menggunakan internet, maka banyak pula tumbuh perusahaan-perusahaan penyedia layanan jaringan internet tersebut (Internet Service Provider / ISP ). Perusahaan ISP inilah berlomba untuk memberikan layanan yang membuat masyarakat puas dalam menggunakan internet (download,upload,media sosial bahkan menonton video di youtube) , mulai dari fitur dan kecepatan akses yang digunakan.
Kecepatan akses internet merupakan kecepatan transfer data yang mengalir ketika kita menggunakan jaringan internet.
Bagi masyarakat yang sudah memasang atau menggunakan jaringan tersebut tentunya ingin tahu seberapa besarkah kecepatan akses internet yang dia gunakan. Apakah sesuai dengan iklan atau promosi yang diinformasikan oleh ISP tersebut. Pada kesempatan ini saya akan berbagi infromasi tentang bagaimana caranya kita mengetahui sejauh mana kecepatan akses internet kita. Kecepatan akses disini yang dimaksud adalah kecepatan dalam DOWNLOAD (kecepatan Downstream) dan UPLOAD (kecepatan Upstream) melalui jalur internet. Tools yang digunakan adalah tools yang online dan bersifat gratis yaitu dengan menggunakan SPEEDTEST by OOKLA.

Langkah-langkah untuk mengecek kecepatan akses internet.
1. Akses halaman website Speedtest by Ookla
2. Ketika home page website tersebut terbuka, maka tools akan otomatis mengidentifikasi server internet yang kita gunakan (perhatikan gambar)
( Homepage )
3. Tekan tombol "MULAI ", setelah itu tunggu beberapa saat untuk mereview server internet kita (perhatikan gambar)
( Review Speedtest )
4. Tampilan hasil review adalah PING, kecepatan DOWNLOAD, dan UPLOAD

Berikut ini merupakan salah satu contoh hasil review pengukuran kecepatan akses internet dengan menggunakan Tools Speedtest by Ookla.
( Hasil Test )

Demikian informasi bagaimana cara mengetahui ataupun mengukur kecepatan internet. Semoga informasi ini bermanfaat. Silahkan berikan komentar sebagai bahan diskusi untuk kesempurnaan konten dan informasi di Blog ini.







4 komentar :

Back To Top