Breaking News
Loading...
Tuesday, July 11, 2017

KENALI DAN PAHAMI GAYA BELAJAR ANDA

( Gaya Belajar / Google Image)
Pernahkah kita mengalami hal ketika mendekati suatu ujian di kampus atau sekolah, kita akan belajar mati-matian untuk mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Dari pagi sampai malam kita belajar,menghafal an berlatih soal-soal yang akan diujikan. Tetapi di lain tempat,kamu melihat teman kamu belajarnya sangat santai, sambil mendengarkan music. Ketika selesai ujian, ternyata perolehan nilai teman kamu lebih kecil dibandingkan teman kamu. Apa yang terjadi apakah teman kamu menggunakan trik khusus??, kenapa nilai yang kamu peroleh lebih kecil?apakah ada kesalahan pada diri kamu?


Jawabannya adalah ya, hal ini disebabkan karena kamu tidak memahami dan kurang memahami tentang gaya belajar kamu sendiri. Ada banyak factor yang berperan dalam menentukan keberhasilan proses belajar. Sayangnya selama ini banyak orang yang tidak menyadarinya. Kadang kita dituntut untuk selalu belajar dengan baik dan memperoleh hasil yang baik. Bila hasil yang kita peroleh kurang memuaskan, maka kita dianggap kurang serius atau cara belajar kita kurang maksimal.

Factor dominan yang berperan dalam keberhasilan proses belajar adalah dengan mengenal dan memahami  bahwa setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika kita tidak menyadari gaya belajar kita sendiri?

Dalam keseharin kita sering tidak menyadari bahwa gaya belajar yang sering kita gunakan sebatas hanya gaya belajar visual baik di sekolah maupun di kampus. Karena hanya menggunakan satu gaya belajar saja, akibatnya timbul masalah. Maka daripada itu, kita perlu mengenal gaya belajar kita sendiri.

Dari cara memasukkan informasi ke dalam otak melalui pancaindra kita, ada beberapa gaya belajar yang harus diketahui yaitu sebagai berikut.
  1. Visual (penglihatan)
  2. Auditori (pendengaran)
  3. Tactile /kinestetik (parabaan/gerakan)
  4. Olfactory (penciuman)
  5. Gustatory (pengecapan)

Untuk hasil yang ideal, sebenanrnya kita harus menggunakan semua gaya belajat tersebut. Namun pada kenyataannya situasi tidak memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut. Dari kelima gaya belajar tersebut yang paling dominan adalah gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Untuk hasil yang maksimal, kadang ketiga gaya belajar tersebut dikombinasikan.

( Gaya Belajar / Google Image)
Meskipun demikian, yang perlu dipahami adalah bahwa gaya belajar terdiri dari dua bagian yaitu gaya belajar yang bersifat eksternal dan gaya belajar yang bersifat internal.
  1. Gaya belajar yang bersifat eksternal bergantung pada materi atau media dari luar diri kita sebagai sumber informasi
  2. Gaya belajar yang bersifat internal bergantung pada kemampuan kita dalam mengolah pikiran dan imajinasi.

Kesimpulannya terakhir adalah untuk mencapai hasil yang maksimal dan memuaskan, maka kita perlu mengenal gaya belajar kita sendiri. Mari kita saling bertukar informasi dengan memberikan komentar di bawah postingan blog ini, silahkan di share jika artikel ini penting. 

Sumber: http://tiksmplabundiksha.blogspot.co.id/2017/07/kenali-dan-pahami-gaya-belajar-anda.html

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top