Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Prakarya
|  | 
| ( K-13 Revisi ) | 
Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Prakarya
Kompetensi dasar pada Kurikulum 2013 SMP/MTs berisi
kemampuan dan muatan pembelajaran untuk mata pelajaran pada SMP/MTs yang
mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi
Inti. Rumusan Kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik
dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan masing-masing mata pelajaran.
Kompetensi dasar untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan
Mata 
Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi empat kelompok
sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti sebagai berikut.
a.   
Kelompok 1: kelompok KD sikap spiritual
dalam rangka menjabarkan KI-1;
b.   
Kelompok 2: kelompok KD sikap sosial
dalam rangka menjabarkan KI-2;
c.   
Kelompok 3: kelompok KD pengetahuan
dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
d.  
Kelompok 4: kelompok KD keterampilan
dalam rangka menjabarkan KI-4.
Adapun untuk mata pelajaran selain Mata Pelajaran
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, kompetensi dasar yang dikembangkan terdiri atas dua kelompok
yaitu kelompok kompetensi dasar
pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3 dan kelompok kompetensi dasar
keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4. Kompetensi-kompetensi dasar
tersebut kemudian dikembangkan ke dalam silabus.
Berikut
contoh kompetensi-kompetensi dasar mata pelajaran Prakarya
berdasarkan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016.
KELAS VII
KERAJINAN
| 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | 
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | 
| 
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
  dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
  konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
  ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
  sudut pandang/teori | 
| 
KOMPETENSI DASAR | 
KOMPETENSI DASAR | 
| 
3.1   Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat,
  karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil | 
4.1     Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan
  serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal:
  rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan
  lain-lain) | 
| 
3.2   Memahami
  pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk
  kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif | 
4.2     Merancang,
  membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang
  kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal:
  rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan
  lain-lain) | 
| 
3.3   Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat,
  karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran | 
4.3     Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan
  kertas/plastik lembaran  
         yang sesuai dengan potensi daerah
  setempat | 
| 
3.4   Memahami pengetahuan tentang prinsip
  perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan
  plastik lembaran yang kreatif dan inovatif | 
4.4     Merancang,
  membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas/plastik lembaran
  yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat | 
KELAS:
VII
REKAYASA
| 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | 
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | 
| 
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
  dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
  ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
  sudut pandang/teori | 
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
KOMPETENSI
  DASAR | 
| 
3.1   Memahami
  wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan
  gambar teknik  | 
 4.1    Membuat
  sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk | 
| 
3.2   Memahami jenis, karakteristik, kekuatan
  bahan, serta peralatan kerja pengolahnya | 
4.2  Membuat produk sederhana menggunakan
  peralatan kerja sesuai dengan jenis, karakteristik, dan kekuatan bahan | 
| 
3.3   Memahami
  jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi | 
4.3  Memanipulasi
  jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi | 
| 
3.4   Memahami sistem, jenis, serta karakteristik
  persambungan dan penguatan pada konstruksi | 
4.4  Membuat
  produk teknologi konstruksi dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan
  sekitar | 
KELAS:
VII
BUDIDAYA
| 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | 
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | 
| 
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
  dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
  konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
  ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
  sudut pandang/teori | 
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
KOMPETENSI
  DASAR | 
| 
3.1   Memahami
  komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan  sesuai kebutuhan wilayah setempat | 
4.1  Menentukan
  komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah | 
| 
3.2   Memahami
  tahapan budidaya tanaman sayuran | 
4.2  Mempraktikkan
  tahapan budidaya tanaman sayuran | 
| 
3.3   Memahami
  komoditas tanaman obat  yang dapat
  dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat | 
4.3  Menentukan
  komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah | 
| 
3.4   Memahami  tahapan budidaya tanaman obat   | 
4.4  Mempraktikkan
  tahapan budidaya tanaman obat | 
KELAS:
VII
PENGOLAHAN
| 
KOMPETENSI INTI 3
  (PENGETAHUAN) | 
KOMPETENSI INTI 4
  (KETERAMPILAN) | 
| 
3.     Memahami
  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
  dan kejadian tampak mata | 
4.    Mencoba,
  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 
| 
KOMPETENSI DASAR | 
KOMPETENSI DASAR | 
| 
3.1   Memahami
  rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buah menjadi
  makanan dan  minuman segar yang ada di
  wilayah setempat | 
4.1  Mengolah
  bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman  sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang
  ada di wilayah setempat | 
| 
3.2   Memahami
  rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping buah menjadi produk pangan yang ada di
  wilayah setempat | 
4.2  Mengolah,
  menyaji, dan mengemas bahan hasil samping buah  menjadi produk pangan yang ada wilayah
  setempat | 
| 
3.3   Memahami 
  rancangan pengolahan, penyajian dan pengemasan bahan pangan sayuran
  menjadi makanan dan  minuman kesehatan
  yang ada di wilayah setempat  | 
4.3  Mengolah, menyaji, dan mengemas | 
| 
3.4   Memahami rancangan pengolahan, penyajian,
  dan pengemasan bahan hasil samping sayuran menjadi produk pangan yang ada di
  wilayah setempat | 
4.4  Pengolahan, menyaji, dan mengemas bahan
  pangan sayuran menjadi  makanan dan
  minuman kesehatan  yang ada wilayah
  setempat | 
Sumber: Bahan Pelatihan K-13 Revisi
 
0 komentar :
Post a Comment