Teknik Penilaian Sikap
( Ilustrasi Sikap Siswa) |
Teknik Penilaian
Sikap
Penilaian
sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh
informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik.
Secara
garis besar, penilaian aspek sikap dilakukan melalui tahapan:
a.
mengamati
perilaku peserta didik selama pembelajaran;
b.
mencatat
perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan;
c.
menindaklanjuti
hasil pengamatan; dan
d.
mendeskripsikan
perilaku peserta didik.
Penilaian
sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi oleh guru mata pelajaran
(selama proses pembelajaran pada jam pelajaran), guru bimbingan konseling (BK)
dan wali kelas (selama siswa di luar jam pelajaran) yang ditulis dalam buku
jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Jurnal berisi catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian
tertentu (incidental record), dan
informasi lain yang valid dan relevan. Jurnal tidak hanya didasarkan pada apa
yang dilihat langsung oleh guru, wali kelas, dan guru BK, tetapi juga informasi
lain yang relevan dan valid yang diterima dari berbagai sumber. Selain itu,
penilaian diri dan penilaian antarteman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan
dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya dapat dijadikan sebagai salah
satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Contoh 1.4.1 Penulisan Jurnal Penilaian
Sikap (Spiritual)
Contoh
Jurnal Perkembangan Sikap
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Berikut adalah beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam melaksanakan penilaian (mengikuti perkembangan) sikap dengan
teknik observasi:
1)
Jurnal perkembangan sikap ditulis oleh wali kelas, guru mata
pelajaran, dan guru BK selama periode satu semester;
2)
Bagi wali kelas, 1 (satu) jurnal digunakan untuk satu kelas
yang menjadi tanggung-jawabnya; bagi
guru mata pelajaran 1 (satu) jurnal digunakan untuk setiap kelas yang
diajarnya; bagi guru BK 1 (satu) jurnal digunakan untuk setiap kelas di bawah
bimbingannya;
3)
Perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial
siswa dapat dicatat dalam satu jurnal atau dalam 2 (dua) jurnal yang terpisah;
4)
Siswa yang dicatat dalam jurnal pada dasarnya adalah mereka
yang menunjukkan perilaku yang sangat baik atau kurang baik secara alami
(siswa-siswa yang menunjukkan sikap baik tidak harus dicatat dalam jurnal);
5)
Apabila siswa tertentu PERNAH menunjukkan sikap kurang baik,
ketika yang bersangkutan telah (mulai) menunjukkan sikap yang baik (sesuai
harapan), sikap yang (mulai) baik tersebut harus dicatat dalam jurnal;
6)
Perilaku sangat baik atau kurang baik yang dicatat dalam
jurnal tersebut tidak terbatas pada butir-butir nilai sikap (perilaku) yang
hendak ditanamkan melalui pembelajaran yang saat itu sedang berlangsung
sebagaimana dirancang dalam RPP, tetapi juga butir-butir nilai sikap lainnya
yang ditumbuhkan dalam semester itu selama sikap tersebut ditunjukkan oleh
siswa melalui perilakunya secara alami;
7)
Wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK mencatat
(perkembangan) sikap siswa segera setelah mereka menyaksikan dan/atau
memperoleh informasi terpercaya mengenai
perilaku siswa sangat baik/kurang baik yang ditunjukkan siswa secara alami;
8)
Pada akhir semester guru mata pelajaran dan guru BK meringkas
perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial setiap siswa dan menyerahkan
ringkasan tersebut kepada wali kelas untuk diolah lebih lanjut;
Berikut adalah
contoh jurnal penilaian (perkembangan) sikap spiritual dan sikap sosial oleh
wali kelas.
Contoh Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah : SMP
…
Kelas/Semester :
VII/Semester I
Tahun pelajaran : …
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1.
|
21/07/16
|
Bahtiar
|
· Tidak mengikuti sholat Jumat yang
diseleng-garakan di sekolah.
|
Ketaqwaan
|
|
...
|
Rumonang
|
·
Mengganggu teman yang sedang berdoa
sebelum makan siang di kantin.
|
Ketaqwaan
|
|
...
|
||
2.
|
22/09/16
|
Burhan
|
· Mengajak temannya untuk berdoa
sebelum pertandingan sepakbola di lapangan olahraga sekolah.
|
Ketaqwaan
|
|
...
|
Andreas
|
· Mengingatkan temannya untuk
melaksanakan sholat Dzuhur di sekolah.
|
Toleransi
Beragama
|
|
...
|
||
3.
|
18/11/16
|
Dinda
|
· Ikut membantu temannya untuk
mempersiapkan perayaan keagamaan yang berbeda dengan agamanya di sekolah.
|
Toleransi
Beragama
|
|
...
|
4.
|
13/12/16
|
Rumonang
|
· Menjadi anggota panitia perayaan keagamaan
di sekolah.
|
Ketaqwaan
|
|
...
|
5.
|
23/12/16
|
Ani
|
· Mengajak temannya untuk berdoa
sebelum praktik memasak di ruang keterampilan.
|
Ketaqwaan
|
|
...
|
Contoh Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP
...
Kelas/Semester :
VII/Semester I
Tahun pelajaran : …
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
12/07/16
|
Andreas
|
Menolong orang lanjut usia untuk menye-berang jalan di depan sekolah.
|
Kepedulian
|
|
|
2.
|
26/08/16
|
Rumonang
|
Berbohong ketika ditanya alasan tidak masuk sekolah di ruang guru.
|
Kejujuran
|
|
|
3.
|
25/09/16
|
Bahtiar
|
Menyerahkan dompet yang ditemukannya di halaman sekolah kepada Satpam
sekolah.
|
Kejujuran
|
|
|
4.
|
07/09/16
|
Dadang
|
Tidak menyerahkan “surat ijin tidak masuk sekolah” dari orangtuanya
kepada guru.
|
Tanggung jawab
|
|
|
5.
|
25/10/16
|
Ani
|
Terlambat mengikuti upacara di sekolah.
|
Kedisiplinan
|
|
|
6.
|
08/12/16
|
Burhan
|
Mempengaruhi teman untuk tidak masuk sekolah.
|
Kedisiplinan
|
|
|
7.
|
15/12/16
|
Dinda
|
Memungut sampah yang berserakan di halam sekolah.
|
Kebersihan
|
|
|
8.
|
17/12/16
|
Dinda
|
Mengkoordinir teman-teman sekelasnya mengumpulkan bantuan untuk korban
bencana alam.
|
Kepedulian
|
|
|
Contoh format tersebut dapat digunakan untuk guru mata pelajaran dan guru
BK.
Apabila catatan perkembangan sikap
spiritual dan sikap sosial dijadikan satu, perlu ditambahkan satu kolom
KETERANGAN di bagian paling kanan untuk menuliskan apakah perilaku tersebut
sikap SPIRITUAL atau sikap SOSIAL. Lihat Contoh Jurnal Perkembangan Sikap
untuk contoh.
Contoh Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester :
VII/Semester I
Tahun pelajaran : …
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1.
|
21/07/16
|
Bahtiar
|
Tidak mengikuti sholat Jumat yang
diselenggarakan di sekolah.
|
Ketaqwaan
|
Spiritual
|
|
|
Andreas
|
Menolong orang lanjut usia untuk menyeberang jalan di depan sekolah.
|
Kepedulian
|
Sosial
|
|
|
||
2.
4
|
22/09/16
|
Burhan
|
Mempengaruhi teman untuk tidak masuk sekolah.
|
Kedisiplinan
|
Sosial
|
|
|
Andreas
|
Mengingatkan temannya untuk
melaksanakan sholat Dzuhur di sekolah.
|
Toleransi
beragama
|
Spiritual
|
|
|
||
3.
|
18/11/16
|
Dinda
|
Ikut membantu temannya untuk
mempersiapkan perayaan keagamaan yang berbeda dengan agamanya di sekolah.
|
Toleransi
beragama
|
Spiritual
|
|
|
4.
|
13/12/16
|
Rumonang
|
Menjadi anggota panitia perayaan
keagamaan di sekolah.
|
Ketaqwaan
|
Spiritual
|
|
|
5.
|
23/12/16
|
Dinda
|
Memungut sampah yang berserakan di halam sekolah.
|
Kebersihan
|
Sosial
|
|
|
Sumber: Bahan Pelatihan BIMTEK K-13 Revisi
0 komentar :
Post a Comment