Silabus Mata Pelajaran Prakarya
|  | 
| ( K-13 Revisi ) | 
Silabus merupakan
acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat identitas pelajaran, identitas sekolah,
kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian,
alokasi waktu, dan sumber belajar.  
Kompetensi sikap
spiritual dan kompetensi sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran kompetensi pengetahuan dan
kompetensi keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru
dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
dasar merupakan kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh peserta didik
setelah kegiatan pembelajaran baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan.
Materi pokok
diturunkan dari kompetensi dasar berisi materi-materi pokok sesuai KD. Kegiatan
pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembelajaran,
dapat dilakukan melalui pendekatan saintifik, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran
berbasis proyek, inquiry/discovery
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
dalam pembelajaran tersebut.
Penyusunan
silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan
kurikulum; kemudahan guru dalam mengajar; kemudahan bagi peserta didik dalam
belajar; keterukuran pencapaian kompetensi; kebermaknaan; dan bermanfaat untuk dipelajari sebagai bekal untuk
kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus
disusun untuk satu tahun pelajaran. 
Berikut ini contoh silabus mata
pelajaran Prakarya.
Silabus Prakarya Kelas
VII
Kerajinan
Sekolah                    : SMP…
Mata Pelajaran         : Prakarya (Kerajinan)
Kelas/
Semester       : VII/ Satu
Kompetensi
Inti (KI)
1.   
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.   
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
| 
KD | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
3.1
  memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan
  serat dan tekstil 
4.1
  memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan
  potensi daerah setempat (misalnya rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit
  kayu, kain, tali plastik dan lain-lain | 
Memilih jenis
  bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang  sesuai dengan potensi daerah setempat yang
  dijabarkan dalam materi 
•     
  Jenis
  serat dan tekstil 
•     
  Sifat
  serat dan tekstil 
•     
  Karakter
  serat dan tekstil 
•     
  Teknik
  pengolahan serat dan tekstil | 
•      
  Menonton video/ mengamati gambar
  dan membaca wacana  tentang jenis,
  sifat, karakter serat dan tekstil 
•      
  Membuat pertanyaan tentang jenis,
  sifat, karakter serta teknik pengolahan serat dan tekstil yang tidak di
  pahami.  
•      
  Memilih dan menentukan jenis bahan
  dan teknik pengolahan  
•      
  Mengomunikasikan hasil pemilihan
  bahan dan teknik pengolahan | 
•  
  Teknik: Tes tertulis 
•  
  Instrumen
  soal uraian | 
6 JP | 
Kemdikbud. 2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII
  Semester 1.
  Kemdikbud RI.Jakarta. | 
Rekayasa
Sekolah                       
: SMP…
Mata Pelajaran             : Prakarya (Rekayasa)
Kelas/ Semester            : VII/ Satu
Kompetensi Inti (KI)
1.   
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.   
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
| 
KD | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
3.1  Memahami
  wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan
  gambar teknik  
4.1     Membuat
  sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk  | 
Membuat sketsa dan
  gambar teknik dari suatu rancangan produk 
yang dijabarkan
  dalam materi 
•   
  Pengenalan program Pendidikan
  Teknologi Dasar 
•   
  Perkembangan teknologi  
•   
  Keselamatan Kerja  
•   
  Sketsa Teknik  
•   
  Gambar Teknik | 
•  
  Menonton video / mengamati gambar
  dan membaca referensi tentang program pendidikan teknologi dasar,
  perkembangan teknologi, keselamatan kerja, dan pengetahuan tentang sketsa dan
  gambar teknik 
•  
  Membuat pertanyaan tentang materi
  pembelajaran yang tidak dipahami oleh peserta didik untuk mendapatkan
  informasi tambahan untuk mengembangkan kreatifitas dan rasa ingin tahu 
•  
  Membuat sketsa dan gambar teknik
  dari suatu rancangan produk 
•  
  Mengomunikasikan hasil tentang perkembangan
  pendidikan teknologi dasar dan perkembangan teknologi, kesehatan dan
  keselamatan kerja, sketsa teknik dan gambar teknik dari produk teknologi
  dengan jujur | 
•  
  Teknik: Tes tertulis 
•  
  Instrumen:
  soal uraian | 
6 JP | 
Kemdikbud. 2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII
  Semester 1.
  Kemdikbud RI.Jakarta. | 
Budidaya
Sekolah                        : SMP…
Mata Pelajaran             : Prakarya (Budidaya)
Kelas/
Semester            : VII/ Satu
Kompetensi Inti (KI)
1.   
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.   
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
| 
KD | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
3.1      Memahami
  komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah
  setempat  
4.1  Menentukan komoditas tanaman sayuran yang
  akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah | 
Menentukan komoditas
  tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah 
yang dijabarkan
  dalam materi 
•    Pengertian
  tanaman sayuran 
•    Jenis-jenis tanaman  sayuran 
   
•    Sarana
  produksi budidaya tanaman sayuran | 
•   
  Membaca dan menyimak  kajian literatur /video tentang  jenis dan teknik  budidaya tanaman sayuran  daerah setempat dan nusantara 
•   
  Membuat
  pertanyaan tentang  jenis-jenis   tanaman sayuran untuk mengidentifikasi
   
•   
  Mengidentifikasi  sarana produksi dan produk budidaya tanaman
  sayuran  
•   
  Menentukan  jenis  tanaman sayuran yang akan di budidayakan  
•   
  Mempresentasikan  hasil penentuan   jenis tanaman sayuran yang akan dibudidayakan   | 
•  
  Teknik: Tes tertulis 
•  
  Instrumen:
  soal uraian | 
6 JP | 
Kemdikbud2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII
  Semester 1.
  Kemdikbud RI.Jakarta. | 
Pengolahan
Sekolah                       
: SMP…
Mata Pelajaran             : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester            : VII/ Satu
Kompetensi Inti (KI)
1.   
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.   
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
| 
KD | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
3.1   
Memahami rancangan
  pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah segar yang ada di
  wilayah setempat menjadi makanan dan minuman  
4.1
   
 Mengolah bahan buah segar yang ada di
  wilayah setempat menjadi makanan dan minuman | 
Merancang pembuatan,
  penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah segar yang ada di wilayah
  setempat menjadi makanan dan minuman 
yang dijabarkan
  dalam materi 
•    Jenis bahan dasar dan bahan
  bantu   
•    Jenis alat dan kegunaannya 
•    Teknik dan langkah-langkah
  pengolahan 
•   
  Teknik pengemasan dan penyajian 
•   
  Pembuatan rancangan pengolahan | 
•   
  Mengamati jenis bahan dan alat
  pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber  
•   
  Membuat pertanyaan tentang cara
  merancang dan mengolah buah segar. 
•   
  Membuat rancangan kebutuhan alat dan
  bahan serta teknik pengolahan   
•   
  Mengolah buah segar menjadi
  makanan dan minuman, serta menyajikan dan mengemas   
•   
  Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan. | 
•  
  Teknik: Tes tertulis 
•  
  Instrumen:
  soal uraian | 
6P | 
Kemdikbud2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII
  Semester 1.
  Kemdikbud RI.Jakarta. | 
Sumber: Bahan Pelatihan K-13 Revisi
 
0 komentar :
Post a Comment