Breaking News
Loading...
Monday, June 26, 2017

Teknik Penilaian Sikap

( Ilustrasi Sikap Siswa)
Teknik Penilaian Sikap

Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik.
Secara garis besar, penilaian aspek sikap dilakukan melalui tahapan:
a.       mengamati perilaku peserta didik selama pembelajaran;
b.      mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan;
c.       menindaklanjuti hasil pengamatan; dan
d.      mendeskripsikan perilaku peserta didik.

Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi oleh guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran), guru bimbingan konseling (BK) dan wali kelas (selama siswa di luar jam pelajaran) yang ditulis dalam buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Jurnal berisi catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertentu (incidental record), dan informasi lain yang valid dan relevan. Jurnal tidak hanya didasarkan pada apa yang dilihat langsung oleh guru, wali kelas, dan guru BK, tetapi juga informasi lain yang relevan dan valid yang diterima dari berbagai sumber. Selain itu, penilaian diri dan penilaian antarteman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Contoh 1.4.1 Penulisan Jurnal Penilaian Sikap (Spiritual)
Contoh Jurnal Perkembangan Sikap

No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan penilaian (mengikuti perkembangan) sikap dengan teknik observasi:
1)        Jurnal perkembangan sikap ditulis oleh wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK selama periode satu semester;
2)        Bagi wali kelas, 1 (satu) jurnal digunakan untuk satu kelas yang menjadi tanggung-jawabnya;  bagi guru mata pelajaran 1 (satu) jurnal digunakan untuk setiap kelas yang diajarnya; bagi guru BK 1 (satu) jurnal digunakan untuk setiap kelas di bawah bimbingannya;
3)        Perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa dapat dicatat dalam satu jurnal atau dalam 2 (dua) jurnal yang terpisah;
4)        Siswa yang dicatat dalam jurnal pada dasarnya adalah mereka yang menunjukkan perilaku yang sangat baik atau kurang baik secara alami (siswa-siswa yang menunjukkan sikap baik tidak harus dicatat dalam jurnal);
5)        Apabila siswa tertentu PERNAH menunjukkan sikap kurang baik, ketika yang bersangkutan telah (mulai) menunjukkan sikap yang baik (sesuai harapan), sikap yang (mulai) baik tersebut harus dicatat dalam jurnal;
6)        Perilaku sangat baik atau kurang baik yang dicatat dalam jurnal tersebut tidak terbatas pada butir-butir nilai sikap (perilaku) yang hendak ditanamkan melalui pembelajaran yang saat itu sedang berlangsung sebagaimana dirancang dalam RPP, tetapi juga butir-butir nilai sikap lainnya yang ditumbuhkan dalam semester itu selama sikap tersebut ditunjukkan oleh siswa melalui perilakunya secara alami;
7)        Wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK mencatat (perkembangan) sikap siswa segera setelah mereka menyaksikan dan/atau memperoleh informasi terpercaya  mengenai perilaku siswa sangat baik/kurang baik yang ditunjukkan siswa secara alami;
8)        Pada akhir semester guru mata pelajaran dan guru BK meringkas perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial setiap siswa dan menyerahkan ringkasan tersebut kepada wali kelas untuk diolah lebih lanjut;

Berikut adalah contoh jurnal penilaian (perkembangan) sikap spiritual dan sikap sosial oleh wali kelas.


Contoh Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah      : SMP …
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : …

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1.
21/07/16


Bahtiar
·    Tidak mengikuti sholat Jumat yang diseleng-garakan di sekolah.

Ketaqwaan

...
Rumonang

·    Mengganggu teman yang sedang berdoa  sebelum makan siang di kantin.
Ketaqwaan

...
2.

22/09/16


Burhan

·    Mengajak temannya untuk berdoa sebelum pertandingan sepakbola di lapangan olahraga sekolah.
Ketaqwaan

...
Andreas
·    Mengingatkan temannya untuk melaksanakan sholat Dzuhur di sekolah.
Toleransi
Beragama

...
3.
18/11/16
Dinda
·    Ikut membantu temannya untuk mempersiapkan perayaan keagamaan yang berbeda dengan agamanya di sekolah.
Toleransi
Beragama

...
4.
13/12/16
Rumonang
·    Menjadi anggota panitia perayaan keagamaan di sekolah.
Ketaqwaan

...
5.
23/12/16
Ani
·    Mengajak temannya untuk berdoa sebelum praktik memasak di ruang keterampilan.
Ketaqwaan

...


Contoh Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP ...
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : …

No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1.
12/07/16
Andreas
Menolong orang lanjut usia untuk menye-berang jalan di depan sekolah.
Kepedulian


2.
26/08/16
Rumonang
Berbohong ketika ditanya alasan tidak masuk sekolah di ruang guru.
Kejujuran


3.
25/09/16
Bahtiar
Menyerahkan dompet yang ditemukannya di halaman sekolah kepada Satpam sekolah.
Kejujuran


4.
07/09/16
Dadang
Tidak menyerahkan “surat ijin tidak masuk sekolah” dari orangtuanya kepada guru.
Tanggung jawab


5.
25/10/16
Ani
Terlambat mengikuti upacara di sekolah.
Kedisiplinan


6.
08/12/16
Burhan
Mempengaruhi teman untuk tidak masuk sekolah.
Kedisiplinan


7.
15/12/16
Dinda
Memungut sampah yang berserakan di halam sekolah.

Kebersihan


8.
17/12/16
Dinda
Mengkoordinir teman-teman sekelasnya mengumpulkan bantuan untuk korban bencana alam.
Kepedulian



Contoh format tersebut dapat digunakan untuk guru mata pelajaran dan guru BK.
Apabila catatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial dijadikan satu, perlu ditambahkan satu kolom KETERANGAN di bagian paling kanan untuk menuliskan apakah perilaku tersebut sikap SPIRITUAL atau sikap SOSIAL. Lihat Contoh Jurnal Perkembangan Sikap untuk contoh.


Contoh Jurnal Perkembangan Sikap

Nama Sekolah      : SMP
Kelas/Semester     : VII/Semester I
Tahun pelajaran    : …

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
Ttd
Tindak
Lanjut
1.
21/07/16


Bahtiar
Tidak mengikuti sholat Jumat yang diselenggarakan di sekolah.

Ketaqwaan
Spiritual


Andreas
Menolong orang lanjut usia untuk menyeberang jalan di depan sekolah.
Kepedulian
Sosial


2.
4
22/09/16


Burhan
Mempengaruhi teman untuk tidak masuk sekolah.
Kedisiplinan
Sosial


Andreas
Mengingatkan temannya untuk melaksanakan sholat Dzuhur di sekolah.

Toleransi
beragama
Spiritual


3.
18/11/16
Dinda
Ikut membantu temannya untuk mempersiapkan perayaan keagamaan yang berbeda dengan agamanya di sekolah.

Toleransi
beragama
Spiritual


4.
13/12/16
Rumonang
Menjadi anggota panitia perayaan keagamaan di sekolah.

Ketaqwaan
Spiritual


5.
23/12/16
Dinda
Memungut sampah yang berserakan di halam sekolah.
Kebersihan
Sosial





































Sumber: Bahan Pelatihan BIMTEK K-13 Revisi

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top