Breaking News
Loading...
Monday, June 26, 2017

Silabus Mata Pelajaran Prakarya

( K-13 Revisi )
    Silabus Mata Pelajaran Prakarya

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat identitas pelajaran, identitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.  

Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi dasar merupakan kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah kegiatan pembelajaran baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan. Materi pokok diturunkan dari kompetensi dasar berisi materi-materi pokok sesuai KD. Kegiatan pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembelajaran, dapat dilakukan melalui pendekatan saintifik, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, inquiry/discovery sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut.

Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; kemudahan guru dalam mengajar; kemudahan bagi peserta didik dalam belajar; keterukuran pencapaian kompetensi; kebermaknaan; dan bermanfaat untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus disusun untuk satu tahun pelajaran.

Berikut ini contoh silabus mata pelajaran Prakarya.


Silabus Prakarya Kelas VII
Kerajinan

Sekolah                   : SMP
Mata Pelajaran        : Prakarya (Kerajinan)
Kelas/ Semester      : VII/ Satu
Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KD
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1 memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil


4.1 memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya rumput/ ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain
Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang  sesuai dengan potensi daerah setempat yang dijabarkan dalam materi
      Jenis serat dan tekstil
      Sifat serat dan tekstil
      Karakter serat dan tekstil
      Teknik pengolahan serat dan tekstil
       Menonton video/ mengamati gambar dan membaca wacana  tentang jenis, sifat, karakter serat dan tekstil
       Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter serta teknik pengolahan serat dan tekstil yang tidak di pahami.
       Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
       Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik pengolahan

   Teknik: Tes tertulis
   Instrumen soal uraian

6 JP
Kemdikbud. 2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1. Kemdikbud RI.Jakarta.



Rekayasa
Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran            : Prakarya (Rekayasa)
Kelas/ Semester           : VII/ Satu

Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KD
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1  Memahami wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan gambar teknik

4.1     Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk


Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk
yang dijabarkan dalam materi
    Pengenalan program Pendidikan Teknologi Dasar
    Perkembangan teknologi
    Keselamatan Kerja
    Sketsa Teknik
    Gambar Teknik
   Menonton video / mengamati gambar dan membaca referensi tentang program pendidikan teknologi dasar, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, dan pengetahuan tentang sketsa dan gambar teknik
   Membuat pertanyaan tentang materi pembelajaran yang tidak dipahami oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi tambahan untuk mengembangkan kreatifitas dan rasa ingin tahu
   Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk
   Mengomunikasikan hasil tentang perkembangan pendidikan teknologi dasar dan perkembangan teknologi, kesehatan dan keselamatan kerja, sketsa teknik dan gambar teknik dari produk teknologi dengan jujur
   Teknik: Tes tertulis
   Instrumen: soal uraian

6 JP
Kemdikbud. 2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1. Kemdikbud RI.Jakarta.



Budidaya

Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran            : Prakarya (Budidaya)
Kelas/ Semester           : VII/ Satu

Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KD
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1      Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

4.1  Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah
Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah
yang dijabarkan dalam materi
    Pengertian tanaman sayuran
    Jenis-jenis tanaman  sayuran 
    Sarana produksi budidaya tanaman sayuran

    Membaca dan menyimak  kajian literatur /video tentang  jenis dan teknik  budidaya tanaman sayuran  daerah setempat dan nusantara
    Membuat pertanyaan tentang  jenis-jenis   tanaman sayuran untuk mengidentifikasi
    Mengidentifikasi  sarana produksi dan produk budidaya tanaman sayuran
    Menentukan  jenis  tanaman sayuran yang akan di budidayakan
    Mempresentasikan  hasil penentuan   jenis tanaman sayuran yang akan dibudidayakan 
   Teknik: Tes tertulis
   Instrumen: soal uraian

6 JP
Kemdikbud2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1. Kemdikbud RI.Jakarta.





Pengolahan

Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran            : Prakarya (Pengolahan)
Kelas/ Semester           : VII/ Satu

Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


KD
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1 
Memahami rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah segar yang ada di wilayah setempat menjadi makanan dan minuman

4.1
 Mengolah bahan buah segar yang ada di wilayah setempat menjadi makanan dan minuman
Merancang pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan buah segar yang ada di wilayah setempat menjadi makanan dan minuman
yang dijabarkan dalam materi
    Jenis bahan dasar dan bahan bantu 
    Jenis alat dan kegunaannya
    Teknik dan langkah-langkah pengolahan
    Teknik pengemasan dan penyajian
    Pembuatan rancangan pengolahan

    Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
    Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan mengolah buah segar.
    Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
    Mengolah buah segar menjadi makanan dan minuman, serta menyajikan dan mengemas 
    Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.
   Teknik: Tes tertulis
   Instrumen: soal uraian

6P
Kemdikbud2016. Prakarya SMP/ MTs Kelas VII Semester 1. Kemdikbud RI.Jakarta.



Sumber: Bahan Pelatihan K-13 Revisi

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top